Review Harga dan Spesifikasi Lensa Canon TS-E 24mm F3.5 L II

Posted by

Camdig Canon - Canon telah memperkenalkan dua lensa dengan kontrol perspektif baru pada acara PMA pada tahun 2009 lalu, kedua lensa tersebut didedikasikan kepada para TS-E (Tilt and Shift for EOS), yang dapat dilihat dari lensa TS-E 24mm F3.5 L II dan TS-E 17mm F4L. Kedua lensa tersebut optomatis menjadi pusat perhatian para pecinta fotografi karena lensa tersebut dianggap sebagai lensa wide-angle kontrol perspektif optik terluas yang pernah dibuat untuk jajaran kamera DSLR Canon khususnya, di mana terdapat peningkatan yang sangat signifikan dari desain nya.

Yang benar-benar revolusioner diantara kedua kamera tersebut adalah lensa ini memungkinkan untuk pertama kalinya (selain focal length wide-angle yang khusu untuk DSLR) melakukan rotasi sumbu relatif secara independen tilt dan sift terhadap kamera dan satu sama lainnya. Sebelumnya sumbu tilt ditetapkan sebagai standar pada posisi 90º (tegak lurus) dengan sumbu sift, dan lensa dapat dimodifikasi untuk mengatur lensa pada sumbu yang sama jika dibutuhkan. Namun dalam dua kamera tersebut pembatasan tersebut telah dihilangkan, sehingga pengguna dapat menggerakkan lensa jauh lebih fleksibel dan membuat banyak pilihan yang jauh lebih kreatif. 

Kemiringan (tilt) dan mekanisme pergeseran (shift) berputar +/-90º, hal itu memungkinkan pergeseran ke segala arah, dan selain itu mekanisme tilt independen berputar +/-90º memungkinkan tilt ke segala arah relatif terhadap pergeseran. Fungsi ini memberi kemungkinan kepada fotografer untuk memaksimalkan depth of field dalam gambar yang mereka hasilkan tanpa harus berhenti sejauh yang mereka inginkan. Hal ini sangat penting untuk memperhitungkan detail dari setiap pixel dari kamera DSLR terbaru diatas 20 megapixel untuk sekaligus menghindari efek buruk dari difraksi.

Review Harga dan Spesifikasi Lensa Canon TS-E 24mm F3.5 L II

Canon juga telah menunjukan hal yang modern pada sisi desain optik nya, hal ini termasuk penggunaan elemen aspherical depan dengan tingkat presisi yang tinggi untuk menjaga distorsi seminimal mungkin, dan beberapa elemen UD untuk mengurangi chromatic aberration. Dalam kasus yang ada pada lensa TS-E 24mm F3.5 L II ini berarti memiliki formula yang jauh lebih rumit daripada pendahulunya yaitu dengan 16 elemen dalam sebelas kelompok, dibandingkan dengan 11 elemen dalam 9 kelompok pada desain lensa terdahulu.

Harga Lensa Canon TS-E 24mm F3.5 L II : Rp. 5.075.000

Spesifikasi Lensa Canon TS-E 24mm F3.5 L II

Focal length 24mm
Maximum format size 35mm full frame
Maximum aperture F3.5
Minimum aperture F22
35mm equivalent focal length (APS-C) 38mm
Diagonal Angle of view (FF) 84º
Diagonal Angle of view (APS-C) 60º
Lens Construction • 16 elements / 11 groups
• Aspherical elements
• 3 UD glass elements
Number of diaphragm blades 8, rounded
Minimum focus 0.21m (8.3")
Maximum magnification 0.34x
AF motor type Manual focus only
Focus method Internal (rear) focus
Image stabilization None
Filter thread • 82mm
• Does not rotate on focus
Supplied accessories Front and rear caps, hood
Weight 790g (28 oz)
Dimensions 89mm diameter x 106mm length (3.5 x 4.2 in)
Lens Mount Canon EF only



Blog, Updated at: 01.19