Review Kamera Mirrorles Canon EOS M3 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Posted by

Camdig Canon - Kebutuhan kamera dengan kualitas menakjubkan dan body yang ringkas menjadi pilihan yang tepat saat ini. Untuk itu Canon kembali memperkenalkan kamera mirrorless kedua yang diberi nama Canon EOS M3. Kamera Mirrorless Canon kali ini telah berhasil menggabungkan sebuah kamera dengan kualitas gambar setara DSLR dengan body ringkas dan operasi yang sangat mudah. Kamera ini merupakan kamera mirrorless Canon yang menjadi kamera tingkat lanjut dari Canon EOS M yang hadir pada 2012 yang lalu. Canon EOS M3 dibangun dengan dasar sensor APS-C CMOS setinggi 24,2 megapixel, serta didukung dengan prosesor gambar Canon terkini yang dikenal dengan nama DIGIG 6. Kombinasi kedua komponen utama sebuah kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan detail tinggi dan video full HD menakjubkan. Untuk mengetahui beberapa kehebatan lain yang diusung oleh Canon EOS M3 secara lebih detail berikut review Canon EOS M3 untuk anda.

Seperti yang dijelaskan secara singkat di atas, melihat dari sensor yang digunakan pada EOS M3 terlihat sebuah peningkatan yang cukup signifikan jika kita membandingkan dengan pendahulunya Canon EOS M dari segi sensor dan prosesor. EOS M yang sudah dirilis sebelumnya mengusung sensor setinggi 18 megapixel, pada generasi selanjutynya yaitu EOS M3 telah meningkat menjadi 24,2 megapixel. Demikian juga dengan  prosesor gambar yang digunakan juga telah meningkat dengan DIGIG 6 pada kamera barunya, sedangkan pendahulunya masih menggunakan DIGIG 5. Dengan demikian maka sudah dapat dipastikan bahwa Canon EOS M3 lebih menunjang dalam menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih tinggi dan hasil perekaman video juga telah mendukung video full HD.

Tak cukup terbatas pada ukuran sensor dan prosesor yang digunakan untuk menghasilkan kualitas menakjubkan baik foto maupun video. Pada kamera barunya Canon EOS M3 juga telah menambahkan sebuah sistem AF baru pada kamera nya. Menggunakan sistem AF super cepat dari Hybrid CMOS AF III terbaru dan 49 point AF, kamera ini memungkinkan pengguna untuk menikmati kebebasan berekspresi untuk menangkap sebuah subjek, bahkan subjek yang bergerak sekalipun. Bahkan kecepatan yang dihasilkan dari gabungan teknologi sistem AF dan 49 point AF tersebut dikatakan meningkat 6,1x lebih cepat jika dibanding dengan Canon EOS M sebagai pendahulunya. Sebuah pengalaman baru bagi para fotografer untuk menghasilkan gambaran menarik setara DSLR dengan pengoperasian mudah layaknya kamera kompak.

Desain menarik dari Canon EOS M3 merupakan hasil penggabungan antara desain klasik EOS dan teknologi terkini milik Canon. Tak heran jika pengguna baru yang sudah terbiasa dengan desain kamera EOS akan sangat mudah beradaptasi dengan EOS M3, bahkan dalam mengoperasikan kamera tersebut. Sebuah desain yang sudah menjadi standar bagi kamera EOS telah diterapkan pada kamera mirrorless terbaru milik Canon ini. Sebuah desain kamera yang memberikan interface yang familiar dengan tata letak tombol yang mudah diakses seperti kompensasi eksposur, kontrol dial utama dan tombol pengaturan. Semua disesuaikan dengan style para pengguna nya.

Sebuah LCD layar sentuh berukuran 3 inci juga terpasang apik pada bagian belakang badan kamera. Layar ini sebagai penampil berbagai menu dan pengaturan sekaligus digunakan sebagai layar live view saat pengoperasian kamera. Layar LCD tersebut memiliki kamampuan untuk di miringkan hingga 180 derajad ke atas dan 45 derajad kebawah, hal ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna unytuk menembak dari berbagai sudut yang sulit dijangkau sekalipun. Selain itu dengan kemampuan layar yang bisa di miringkan akan memberi keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan multi touch gesture dengan jari-jemari dengan lebih mudah dan terjangkau.

Bagi pengguna baru yang akan memanfaatkan kamera sebagai alat videografi, keuntungan pertama yang bisa diambil tentunya adalah kualitas video Full HD dengan beragam pilihan frame dari 24p, 25p hingga 30p dalam format MP4. Pengguna bisa berbagi pengalaman melalui video dengan fokus yang menakjubkan. Hybrid CMOS AF III merupakan faktor utama yang mempengaruhi kemampuan fokus tersebut, dengan kemampuan ini kamera akan memberikan auto fokus secara terus menerus saat melakukan perekaman.

Untuk kemudahan berbagi foto dan video yang dihasilkan, kamera ini juga telah melengkapi diri dengan konektivitas Wi-Fi dan NFC. Tak hanya sekedar memanjakan pengguna dalam berbagi namun sekaligus bisa dimanfaatkan untuk terkoneksi dengan remote kontrol untuk menembak dari jarak jauh memanfaatkan aplikasi Camera Connect. Tidak terbatas pada fungsi standar yang ada EOS M3 juga memanfaatkan kemampuan ini untuk memudahkan pengguna mengupload foto ke layanan Canon's Cloud dengan fungsi autio sync. Kemudahan lain dalam berbagi juga ditawarkan oleh Canon melalui Dynamic NFC yang berfungsi mentranfer data dari kamera melalui satu sentuhan ke perangkat pintar yang kompatibel. Kemudahan yang patut mendapatkan apresiasi dari para pengguna.

Review Kamera Mirrorles Canon EOS M3 Harga dan Spesifikasi Lengkap
Nah dengan review Canon EOS M3 di atas, mungkin sedikit membantu anda untuk mengetahui apa saja yang telah Canon tingkatkan untuk kamera mirrorless nya. Beberapa hal yang nampak terlihat adalah sensor yang meningkat signifikan, prosesor yang menggunakan prosesor terkini, sistem AF baru dan peningkatan point AF juga layak menjadi pertimbangan. Dengan kamera ini sepertinya Canon semakin serius dalam menggarap kamera mirrorless nya.

Untuk saat ini kamera Canon EOS M3 masih dalam masa pengenalan. Kabarnya kamera ini baru akan dirilis pada bulan April 2015. Jadi untuk anda yang sudah tidak sabar untuk menikmati berbagai kelebihan dari Canon EOS M3 diharap bersabar dan mulai menabung untuk kamera ini. Sebagai perkiraan harga kamera ini akan dirilis dengan harga €769 (sekitar 11,2 juta). bagi anda yang ingin melihat harga kamera DSLR Canon, lihat selengkapnya di Daftar Harga Kamera DSLR Canon Terbaru.

Spesifikasi Kamera Mirrorless Canon EOS M3 

Body type
Body type Rangefinder-style mirrorless
Sensor
Max resolution 6000 x 4000
Image ratio w:h 1:1, 4:3, 3:2, 16:9
Effective pixels 24 megapixels
Sensor photo detectors 25 megapixels
Sensor size APS-C (22.3 x 14.9 mm)
Sensor type CMOS
Processor DIGIC 6
Image
ISO Auto, 100-12800 (expandable to 25600)
White balance presets 6
Custom white balance Yes
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Fine, normal
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective Single-point, Tracking, Single, Continous, Touch, Face Detection, Live View
Manual focus Yes
Number of focus points 49
Lens mount Canon EF-M
Focal length multiplier 1.6×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Tilting
Screen size 3″
Screen dots 1,040,000
Touch screen Yes
Screen type ClearView II TFT-LCD
Live view Yes
Viewfinder type Electronic (optional)
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/4000 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode Yes
Subject / scene modes Yes
Built-in flash Yes
Flash range 5.00 m (at ISO 100)
External flash Yes (via hot shoe)
Flash modes Auto, on, off, slow synchro
Continuous drive 4.2 fps
Self-timer Yes (2 or 10 sec)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Partial
Exposure compensation ±3 (at 1/3 EV steps)
AE Bracketing ±2 (3 frames at 1/3 EV steps)
WB Bracketing No
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (30p, 25p, 24p), 1280 x 720 (60p, 50p), 640 x 480 (30p, 25p)
Format H.264
Microphone None
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (mini-HDMI)
Microphone port Yes
Headphone port No
Wireless Built-In
Wireless notes 802.11b/g/n with NFC
Remote control Yes (via smartphone)
Physical
Environmentally sealed No
Battery Battery Pack
Battery description LP-E17 lithium-ion battery & charger
Battery Life (CIPA) 250
Weight (inc. batteries) 366 g (0.81 lb / 12.91 oz)
Dimensions 111 x 68 x 44 mm (4.37 x 2.68 x 1.73″)
Other features
Orientation sensor Yes
GPS None

Blog, Updated at: 02.12